Roti Untuk Burger

Roti Untuk Burger dan Bahan Roti Burger

Roti Untuk Burger merupakan salah salah dari fast food yang masuk ke dalam makanan siap saji. Saat ini perkembangan pangan siap saji (fast food) sangat marak, mulai dari industri ritel hingga industri rumah tangga. Namun sebagian masyarakat tidak mengetahui tata cara pengolahan makanan yang benar, terutama mengenai produk fast food. Dewasa ini semakin banyak produk olahan dengan menggunakan teknik frozen atau pembekuan yang dibuat mulai dari industri rumah tangga hingga industri besar. Namun jika tata cara penanganannya salah maka bukan gizi yang didapat melainkan resiko bakteri yang dapat mengontaminasi tubuh.
Bandingan beberapa tahun lalu, saat ini pengetahuan masyarakat mengenai produk pangan beku (frozen food) sudah baik. Sosis dan nugget sekarang bukan lagi produk supermarket, tapi sudah menjadi produk curah di pasar-pasar tradisional. Semua pilihan dilimpahkan kepada konsumen, tinggal memilih produk curah atau kemasan.
Sebuah fenomena yang luar biasa mengenai produk frozen curah yaitu produk tersebut membanjiri pasar tradisional dengan berbagai merek, kemasan, dan harga. Thoibah frozen selaku pelaku Supplier frozen food telah membuat dan memuat daftar harga roti burger, harga daging burger dan harga daging kebab.   Bahkan ada beberapa yang dijajakan di meja-meja penjual tanpa menggunakan fasilitas pendingin yang memadai. Hal ini bisa terjadi karena permintaan pasar yang memilih produk yang lebih murah. Maka imbasnya penjual akan memangkas beberapa biaya yang dibutuhkan dalam sebuah produk dagangan, salah satunya dengan tidak menggunakan fasilitas pendingin yang seharusnya.
Beberapa dari produk curah ini akhirnya akan dijual kembali sebagai makanan seperti sosis, dan nugget yang biasa dijumpai oleh anak-anak di kantin-kantin sekolah, tanpa memperdulikan kualitas panganan tersebut sudah sesuai standar mutu dam keamanan atau belum.

roti-untuk-burger.jpg
Roti Untuk Burger

Dengan demikian maka frozen food curah yang dijual di pasar tradisional diragukan keamanannya. Teknik yang digunakan untuk membekukan makanan seharusnya menggunakan Quick Frozening Machine.

Supaya memperoleh hasil yang terbaik dari bahan pangan yang dibekukan, suhu penyimpanan harus dijaga agar konstan dan tidak boleh lebih tinggi dari -180C, serta harus diikuti dengan pengemasan yang baik atau memenuhi standar pengemasan untuk produk makanan beku.

Produk frozen food yang diproduksi oleh pabrik besar tentunya mempunyai jaminan nilai gizi dan higiene yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini didukung dengan peralatan dan mesin yang paling mutakhir serta suber daya manusia yang memadai. Mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan, pengemasan, dan teknik penyimpanan makanan yang sudah sesuai dengan kriteria hygiene tinggi. Perusahaan besar ini pun tidak lupa mencantumkan logo BPOM dan MUI yang menjadi jaminan mutu dan halal suatu produk.

Dalam dunia resto, ada suatu departemen yang mempunyai tugas khusus menjaga kulitas produk yang dijualnya yaitu internal quality assurance (IQA) atau dalam dunia produsen pangan disebut quality control (QC). Tugas utamanya adalah menjaga produk yang dijual terjamin kualitasnya, dari mulai pengiriman, penyimpanan, pengolahan, hingga tahap penyajian. Sehingga sebuah resto atau rumah makan yang mempunyai departemen atau bagian IQA dapat memberi jaminan, bahwa resto atau rumah makan tersebut sangat memperhatikan kualitas dan keamanan produk yang dijualnya.

Apabila penanganan produk frozen food dapat dilakukan dengan benar, maka kualitas yang didapat tidak kalah dengan produk frozen food produksi pabrik-pabrik besar. Dengan produk yang terjaga kualitasnya, harga yang murah, rasa yang enak, keamanan makanan terjamin. Maka untung atau laba yang dihasilkan juga tak kalah besar. Tentu saja perlakuan terhadap produk frozen sangat istimewa. Mulai dari proses produksinya, penyimpanan di produksi, proses distribusinya, hingga proses penjualan, hingga produk sampai di tangan konsumen. Diharapkan menjadi frozen food adalah produk olahan yang kualitasnya sama dengan produk segar. Ditambah dengan bumbu yang dapat membuat rasanya makin disukai semua kalangan.

Banyak perusahaan yang bergerak dalam bisnis burger murah dan menjual berbagai produk dari aneka daging kebab, aneka daging burger, varian Roti Burger dan thoibah frozen akan memberi Tips Memilih dan Menjaga Kualitas Frozen Food
Makanan beku atau frozen food memang merupakan salah satu makanan siap saji yang cukup praktis dan dapat dilakukan oleh semua orang. Karena praktis dan mudah makanan jenis ini sering dipilih ibu-ibu sebagai makanan yang sering disediakan dirumah. Atau sering juga warung makan dan rumah makan yang menyajikan menu ini sebagai salah satu pelengkap lauknya.
Nah, bagi Anda yang termasuk salah satu dari yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menjaga makanan jenis ini, agar keluarga atau konsumen Anda aman dalam menkonsumsi makanan ini.
Frozen food cenderung sudah melalui proses pembekuan terlebih dahulu. Untuk itu makanan ini harus terus berada dalam suhu tertentu untuk menjaga agar aman dari bakteri dan tidak cepat membusuk. Anda harus memperhatikan dari mulai pemilihan produk, pembelian sampai produk tersebut masuk ke dalam lemari pendingin/ kulkas. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips memilih dan menjaga kualitas frozen food.
Tips Membeli
• Lihat betul siapa produsen yang memproduksi produk frozen food.
• Perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan, pastikan Anda membeli makanan yang masih panjang masa pakainya.
• Lihat bentuk dan warna termasuk kemasannya, apakah masih dalam keadaan baik (kelihatan tidak rusak) misalnya: berair, berlendir, atau kemasannya rusak / sobek.
• Belilah produk tersebut disaat terakhir anda berbelanja, sehingga ketika sampai dirumah produk tersebut masih dalam keadaan baik / beku. Agar mutu produk tersebut masih tetap terjaga.
Tips Menyimpan
• Sedapat mungkin pisahkan pembekuan bahan makanan mentah dengan makanan matang.
• Jangan mengisi lemari pendingin terlalu penuh, karena akan menyebabkan beban terlalu berat sehingga suhu yang diinginkan tidak segera tercapai.
• Jika produk tersebut tidak habis sekali pakai, bungkus kembali produk tersebut dalam kantong plastik dan segera simpan dalam lemari pembeku / freezer.
• Jaga suhu pendingin sekitar (-4ºC) dan suhu pembekuan sekitar (-18ºC).
• Wadah untuk pembekuan dapat berupa kantong plastik, kotak plastik atau kertas selofan. Wadah harus kedap udara agar tidak terjadi oksidasi bahan selama penyimpanan.
• Bersihkan lemari pendingin / kulkas secara berkala
Tips Mengolahnya
• Ambil produk frozen food tersebut secukupnya.
• Cairkan bahan makanan beku tersebut didalam bagian pendingin dilemari es (yang terletak dibawah freezer) beberapa jam sebelum dimasak. Jangan membekukan kembali bahan makanan yang sudah dicairkan kecuali sudah dimasak.
• Gunakan minyak untuk menggoreng yang baru, jangan menggunakan minyak goreng yang bekas pakai menggoreng masakan lain.
Pilih makanan beku yang masih dalam kondisi baik. Jika mungkin, pilih produk makanan beku yang berasal dari produk lokal sehingga kesegaran produk lebih aman daripada makanan impor yang telah melalui sebuah proses yang panjang.

Di zaman yang serba modern saat ini, produk kuliner juga terus berkembang menjadi lebih variatif dan modern. Tidak mengherankan kalau banyak dari kita yang gemar mengonsumsi frozen food karena rasanya yang lezat dan proses penyajian yang amat praktis.

Dari sekian banyak frozen food yang populer, ternyata tak sedikit frozen food yang memiliki kandungan gizi kurang sehat, Tingginya kandungan lemak yang didukung dengan penggunaan bahan baku yang kurang berkualitas menjadikan frozen food menjadi jenis makanan yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

Frozen Food Sehat dari Thoibah frozen

Kini pengembangan produk frozen food yang bergizi menjadi salah satu fokus yang dilakukan oleh Thoibah Frozen Food. Produsen frozeon food yang berlokasi di Surabaya ini benar-benar menaruh perhatian pada keberadaan produk frozen food yang sehat dan halal. Jadi, tidak heran kalau produsen yang sudah memiliki sertifikat halal ini menjamin produknya bebas MSG dan bahan pengawet sehingga aman jika dikonsumsi setiap hari.

Hingga Agustus 2015, Thoibah Frozen Food memiliki 10 jenis produk frozen foodfavorit yang belum termasuk sejumlah varian frozen food lainnya. Produk tersebut antara lain adalah bakso ayam, bakso sapi, chicken strips, ebi furai, nugget ayam keju, sosis sapi, sosis ayam keju, spicy chicken wings, sup ayam, dan tahu bakso bulat. Sekarang menyiapkan aneka menu makanan untuk keluarga bisa kita lakukan dengan mudah tanpa khawatir dengan kandungan gizi dalam frozen food tersebut.

Tidak hanya berkesempatan mencicipi produk frozen food sehat dari Thoibah Food, kita juga bisa menjalin kerjasama sebagai agen, distributor, atau reseller bagi produk makanan yang diproduksi Thoibah Food.

Mengapa Menjalin Kerjasama dengan Thoibah Food?

Ada beberapa hal penting yang membuat kerjasama dengan Thoibah Food bisa mendatangkan keuntungan maksimal bagi kita. Alasan-alasan tersebut yaitu :

  • Pangsa pasar yang besar

Kini masyarakat modern cenderung menyukai konsumsi makanan yang praktis namun tetap bergizi. Sehingga keadaan ini mampu mendatangkan peluang bisnis baru di bidang frozen food. Produk frozen food yang mampu memenuhi gizi dan kebutuhan masyarakat akan senantiasa diminati setiap saat.

  • Produk makanan selalu dibutuhkan setiap hari

Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan. Karena dikonsumsi setiap hari, maka peluang repeat order-nya tentu jauh lebih tinggi daripada jenis produk lainnya.

  • Penggunaan bahan baku yang berkualitas

Bahan baku yang berkualitas menjadi salah satu kunci sukses Thoibah Food dalam mengembangkan bisnisnya. Dibuat dengan sayuran maupun daging segar yang rendah lemak dan rendah kolesterol membuat Thoibah Food selalu unggul sebagai salah satu produsen frozen food sehat di Indonesia.

  • Modal bisnis yang relatif kecil namun menguntungkan

Agar bisa menjalin kerjasama dengan Thoibah Food, kita tak membutuhkan nilai modal yang besar. Dengan modal yang relatif terjangkau, kita bisa mengembangkan bisnis semaksimal mungkin berkat dukungan pangsa pasar yang terus bertambah.

Mendukung Proses Bisnis dengan Cara yang Modern

Thoibah Food juga senantiasa memberikan perhatian bagi para distributor, agen, dan reseller yang menjalin kerjasama dengannya. Hal ini dibuktikan dengan proses belanja di situs Thoibah Food yang relatif mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Menyiapkan 3 rekening bank dan nomor kontak yang mudah dihubungi, para mitra Thoibah Food jadi mudah melakukan pemesanan dan konfirmasi pembayaran setiap saat.

Tak hanya itu saja, Thoibah Food juga gencar melakukan proses promosi melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dengan proses update informasi dan produk yang terkini, para pelanggan setia Thoibah Food bisa mengetahui informasi terbaru mengenai varian produk dan promosi yang ditawarkan oleh Thoibah Food.

Tak seperti bisnis makanan biasa yang mudah rusak dan harus disajikan dalam keadaan fresh, berbisnis dengan Thoibah Food memang istimewa karena frozen food memiliki daya tahan yang baik jika disimpan dengan cara yang benar. Bila tak ingin merugi di bisnis kuliner, menjalin kerjasama dengan Thoibah Food adalah salah satu pilihan yang tepat bagi Anda.

Roti Untuk Burger

Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.

Banyak orang keliru dan mengira bahwa nama Hamburger berasal dari kata “Ham”, namun sebenarnya namanya berasal dari kota Hamburg di Jerman, tempat makanan ini berasal. Dari kota kedua terbesar di Jerman ini banyak penduduknya yang beremigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan burger ke sana. Hanyalah sebuah kebetulan bahwa kata “ham” yang dalam bahasa Inggris berarti daging asap memiliki bunyi yang hampir serupa dengan Hamburger, faktanya hamburger tidak mengandung Ham (meskipun ada juga restoran yang menambahkan irisan Ham pada burger mereka untuk menambah cita rasa).

Jadi secara harafiah dapat disimpulkan bahwa arti kata Hamburger berarti “makanan yang berasal dari Hamburg” dan bukan berarti “makanan yang mengandung Ham”. Namun pada praktiknya burger atau hamburger lebih sering diartikan sebagai sandwich atau jenis roti isi lainnya yang berbentuk bulat. Dalam masyarakat kata burger sudah lebih melekat sebagai jenis makanannya daripada asal muasal dan pencipta dari burger.

Ada beberapa versi dari sejarah penciptaan burger, penganan ini awalnya adalah makanan khas bangsa Tartar, yaitu berupa daging cincang yang disantap mentah-mentah dengan perasan jeruk. Bangsa Tartar merupakan bangsa nomaden yang sering melakukan perjalanan jauh menunggang kuda, sehingga daging yang mereka bawa sering menjadi keras dan tak layak konsumsi, maka merekapun mengakalinya dengan meletakkan daging di bawah sadel kuda mereka. setelah melakukan perjalanan jauh ternyata daging tersebut masih hangat dan tidak menjadi dingin, maka daging tersebut langsung disantap dengan tanpa dimasak dan hanya diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Hidangan yang terkenal lezat dari Asia Tengah ini kemudian dibawa oleh para pelaut Eropa ke negaranya, tepatnya ke kota Hamburg karena masyarakat di sana pada umumnya mengganggap bahwa mereka adalah bangsa yang beradab, mereka menolak memakan daging yang tak dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mereka masak terlebih dahulu sebelum disantap dengan cara dibakar atau digoreng, ternyata masakan ini sangat disukai berbagai orang. Sampai saat ini sebagian orang tetap lebih menyenangi menyantapnya mentah-mentah. Inilah asal mula daging burger.

Sedangkan untuk hamburger yang kita kenal bentuknya sekarang, yaitu yang berupa daging yang disantap dengan roti, berasal dari Amerika, para imigran dari Hamburg memperkenalkan daging burger mereka ke orang Amerika. Di sana daging ini diberi nama Hamburg Steak dan daging ini masih disantap seperti layaknya menyantap steak.

Menurut para penduduk Hamburg, New York, sebuah kawasan yang diberi nama seperti kota Hamburg di Jerman, makanan ini ditemukan oleh dua bersaudara dari Ohio, Frank dan Charles Menches, menurut legenda, mereka merupakan penjaja makanan di pinggir jalan yang menjual sandwich, karena suatu hari mereka kehabisan sosis, maka mereka menggunakan daging sapi cincang sebagai pengganti sosis untuk isi dari sandwich mereka. Dan penggunaan daging sapi ini ternyata ditanggapi dengan baik oleh konsumen mereka.

Menurut Komunitas Sejarah Seymour di Winconsin, mereka menyebutkan nama Charlie Nagreen sebagai pencipta hamburger. Nama Charlie Nagreen sekarang identik dipanggil “Hamburger Charlie”. Ia berjualan sandwich yang diisi dengan bakso saat ia berusia 15 tahun di Seymour Fair pada tahun 1885. Karena jualannya kurang sukses, ia menemukan sebabnya, karena pelanggan tidak dapat berjalan berkeliling sambil makan, maka ia memipihkan bakso yang dijualnya dan meletakkannya di antara irisan roti, ternyata hal ini sukses dan mampu menarik perhatian konsumen, karena hidangan Hamburg Steak amat populer saat itu, Charlie Nagreen pun memberi nama Hamburger pada penganan temuannya itu. Sejak itu ia selalu kembali tiap tahun ke Seymour Fair untuk berjualan hamburger, sampai saat kematiannya pada tahun 1951.

Menurut Perpustakaan Kongres Amerika dan Pemerintahan Connecticut, hamburger pertama dijual pada tahun 1895 oleh Louis Lassen di rumah makannya, Louise’s Lunch di New Haven, Connecticut, Majalah New York mengemukakan bahwa awalnya makanan ini tak diberi nama, hingga saat beberapa pelaut dari Hamburg singgah ke restoran itu dan menamai menu tersebut hamburger.

Seorang sejarawan Texas Frank X. Tolbert menyatakan bahwa penemuan hamburger dilakukan oleh Fletcher Davis dari Athens, Texas. Ia percaya bahwa Davis mulai menjual hamburger di kiosnya di Athens sejak akhir tahun 1880an, dan memperkenalkan hamburger ke St.Louis Fair pada tahun 1904.

Sekarang hamburger banyak dijual oleh jaringan restoran cepat saji di berbagai negara, tetapi yang paling terkenal dari seluruh restoran yang menjual hamburger di seluruh dunia adalah McDonalds dengan Big Mac mereka, restoran Burger King, A&W dan Wendy’s. Konsumsi burger di seluruh dunia amat populer karena rasanya yang lezat dan kepraktisannya, hamburger bisa dimakan sambil dibawa berjalan, selain itu tayangan iklan hamburger di siaran-siaran Televisi, seringkali mencitrakan hamburger sebagai makanan yang sesuai dengan zaman dan modern, sehingga peminatnya pun semakin bertambah.

Di berbagai negara, banyak yang memvariasikan burger hingga sesuai dengan cita rasa mereka sendiri, ada yang mengganti penggunaan daging sapi dengan daging babi, cumi-cumi, ikan, bahkan udang dan lobster juga pernah digunakan. Beberapa contoh burger yang cukup unik adalah Rice Burger, makanan ini ditemukan di Jepang, China, dan Taiwan, mereka menggunakan nasi sebagai pengganti roti pada burger mereka. Beberapa orang juga memvariasikan burger vegetarian dengan mengganti penggunaan daging pada burger dengan gluten, juga ada Tofu burger yang menggunakan tahu sebagai pengganti daging.

Selain dipasarkan dalam kondisi siap saji, burger juga banyak dijual dalam bentuk makanan setengah jadi yaitu berupa daging burger yang dikemas dalam kemasan plastik vakum (vacuum pack). Burger seperti ini banyak dijual di supermarket.

Ada beberapa pengusaha Indonesia yang mengusahakan pembuatan burger lokal khas Indonesia yang lebih akrab dengan lidah masyarakat kita, di antaranya adalah Blenger Burger dengan menu andalan Cheese Burger mereka, selain itu juga ada Klenger Burger, dan Edam Burger yang sukses menembus pasar Timur Tengah.

Di Indonesia juga ada variasi tempe burger yang menggunakan tempe sebagai pengganti daging pada burger, dan burger batok, sebuah burger yang dimasak dengan cara dikukus dalam batok kelapa, sehingga membuat aroma dan rasa khas yang nikmat.

Baca jug artikel Thoibah frozen food:

Supplier pizza Supplier burger

Supplier frozen foods

Aneka Roti burger

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *